Resep dan Cara Membuat Makanan Khas Korea - Tteokbokki


Resep dan Cara Membuat Makanan Khas Korea - Tteokbokki


Resep dan Cara Membuat Makanan Khas Korea - Tteokbokki
Annyeong haseyo yeorobeun.. Aku balik lagi nih, masih dengan tema yang sama dengan postingan yang sebelumnya yaitu mengenai negara Korea Selatan. Kalo postingan kemarin aku membahas tentang wisata N Tower, sekarang aku mau membahas tentang makanan khas negara ginseng ini yaitu Tteokbokki.

Mungkin bagi kalian yang suka menonton film, drama atau variety show Korea, kalian pasti sudah tahu makanan satu ini, yap 'Tteokbokki'. Pasalnya makanan ini sering muncul pada film, drama, maupun variety show di Korea. Dari tayangan-tayangan tersebut tidak bisa dipungkiri bahwa kuliner Korea salah satunya Tteokbokki juga ikut terkena dampaknya. Makanan dengan bahan utama kue beras yang dicampur saus pedas ini memang cukup populer di Korea dan banyak dijual di kedai-kedai makanan.

Jika kalian ingin mencoba Tteokbokki ini, kalian tidak usah repot-repot harus pergi ke Korea. Karena, di negara kita ini yaitu Indonesia sudah banyak sekali restaurant atau kedai makanan ala Korea. Tetapi, jika kalian ingin mengasah kemampuan memasak dari diri kalian, kalain juga bisa membuat Tteokbokki sendiri di rumah loh. Nah, sebelum aku memberi informasi tentang resep dan cara membuat Tteokbokki, aku mau memberi informasi tentang sejarah Tteokbokki terlebih dahulu. Kalian pasti penasaran kan, apasih Tteokbokki itu? Oke, aku akan menjelaskan sejarah dari Tteokbokki.

Sejarah Tteokbokki
Tteobokki merupakan makanan khas Korea sejak masa kerajaan dinasti Joseon. Menurut data bibliografi, Tteokbokki muncul pertama kali pada buku masak yang disebut dengan Siui jeongseo yang ditulis pada akhir masa Dinasty Jeoseon. Salah satu olahan dari kue beras ini merupakan bagian dari Korean royal court cuisine atau hidangan kerajaan di masa Dinasti Joeson. Konon pada masa itu Tteokbokki tidaklah berwarna merah dan memiliki rasa pedas seperti saat ini. Saat itu orang Korea menyebutnya sebagai Gungjung Tteokboki dan memiliki warna coklat serta rasanya cenderung tawar. Pada masa penjajahan Jepang, mulai dikenal bumbu baru yang bernama gochujang atau pasta pedas yang dibuat dari cabe. Bumbu tersebut kemudian banyak digunakan untuk pembuatan Tteokbokki sehingga akhirnya warna dan rasanya menjadi seperti yang kita kenal saat ini yakni merah dan pedas. Pada saat ini Tteokbokki ini terbuat dari berbagai kombinasi bahan seperti tteok atau kue beras, sayuran dan berbagai jenis bumbu, salah satu yang paling utama adalah gochujang atau pasta cabai merah yang difermentasi. Meski awalnya dikenal sebagai salah satu hidangan kerajaan, kini salah satu kuliner popoler negeri ginseng ini menjelma menjadi jajanan sejuta umat yang dapat dengan mudah ditemui banyak tempat di Korea. So, jika kalian sedang liburan di Korea, hukumnya wajib mencoba makanan satu ini.
Setelah mengetahui sejarah Tteokbokki, sekarang kita mulai proses pembuatannya.

Bahan-bahan Garaettok (Kue Beras) :

Resep dan Cara Membuat Makanan Khas Korea - Tteokbokki  
  •  250 gr tepung beras
  • 2 sdm tepung tapioka
  • Air secukupnya
  • Minyak wijen secukupnya (Digunakan agar adonan menjadi kalis atau tidak lengket)
Bahan-bahan Saus Gochujang :
  • 5 buah cabai merah keriting 
  • 3 buah cabai rawit
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm cuka
  • 1 siung bawawng putih
  • 2 sdm saus cabai botolan
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm tepung ketan
  • Air secukupnya
Bahan Toping/Taburan Tteokbokki :
  • Daun bawang yang sudah di cincang
  • Biji wijen secukupnya 
Cara Membuat Garaettok :
  1. Masukkan semua bahan garaettok ke dalam wadah, lalu aduh hingga merata
  2. Kukus adonan tersebut selama 25 menit di atas api sedang
  3. Angkat adonan tersebut selagi masih panas, lalu tumbuk menggunakan kayu atau mixer hingga kalis
  4. Lumuri tangan kita menggunakan minyak wijen
  5. Ambil satu kepal adonan tersebut, lalu bentuk seperti bentuk silinder yang memanjang
  6. Potong-potong adonan tersebut sepanjang 5 cm atau sesuai selera
  7. Sekarang garaettok sudah siap untuk dimasak. 
Cara Membuat Saus Gochujang :
  1.  Haluskan semua bahan saus gochujang (Bisa dengan ulekan atau blender)
  2. Setelah semua bahan saus gochujang sudah halus, panaskan minyak goreng di atas api kecil. Tumis saus gochujang sampai tercium aroma wangi sedap.
Cara Membuat Tteokbokki :
  1. Masukkan air secukupnya pada panci, lalu rebus hingga mendidih
  2. Setelah mendidih, masukkan garaettok dan saus gochujang.
  3. Aduk-aduk semua bahan tersebut agar bumbu meresap secara merata
  4. Sambil terus diaduk, rebus semua bahan tersebut sampai airnya menyusut dan kuahnya menjadi kental
  5. matikan kompor, lalu hidangkan Tteokbokki selagi masih panas.
Nah, demikianlah resep dan cara membuat Tteokbokki sederhana. Kalian juga bisa menambahkan bahan untuk topingnya, seperti jamur, keju, dll.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep dan Cara Membuat Makanan Khas Korea - Tteokbokki"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya, apabila ada pertanyaan, silahkan berkomentar pada kolom komentar dibawah ini..!!